PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI MUSIK TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SDK KALAM KUDUS YOGYAKARTA

Ditya, Aswin Krisna (2013) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI MUSIK TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SDK KALAM KUDUS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aswin Krisna Ditya 06208241030.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa SDK Kalam Kudus terhadap pembelajaran apresiasi musik tradisional jawa dengan pendekatan kontekstual (CTL) pada pembelajarannya. Sebelum diadakan penelitian, pembelajaran apresiasi musik tradisional khususnya jawa kurang diminati siswa, sehingga mempengaruhi hasil belajar yang dicapai siswa. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmis & Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus diadakan 2 kali tatap muka dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B dengan jumlah 17 siswa dan IV C dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil pembelajaran. Pada kondisi awal sebelum diadakan penelitian, seluruh siswa belum ada yang mencapai nilai KKM 70, dengan kata lain 100% dari jumlah 34 siswa masih memperoleh nilai dibawah 70. Setelah diberikan tindakan penelitian dengan pendekatan kontekstual pada siklus I, terdapat siswa yang tuntas meskipun hanya 4 siswa atau 11,7 % dari total 34 siswa. Olek karena KKM pada tindakan siklus I belum tercapai, maka perlu diadakan perencanaan pada siklus II dengan menerapkan dasar-dasar perbaikan pada RPP dan efektivitas cara mengajar oleh peneliti. Setelah diadakan tindakan pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 100% dari jumlah 34 siswa. Seluruh siswa memperoleh hasil di atas nilai KKM 70, dengan rata-rata nilai mencapai 74,1. Berdasarkan kriteria keberhasilan apabila siswa mendapat nilai minimal 70 lebih dari 70% jumlah keseluruhan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran apresiasi musik tradisional jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat belajar-hasil belajar-pembelajaran apresiasi musik tradisional-CTL
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item