UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIIIC SMP N 1 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA TENTANG NOTASI BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS)

Kartika, Anggi Imam (2013) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIIIC SMP N 1 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA TENTANG NOTASI BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggi Imam Kartika 09208244081.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIIIC SMP N 1 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta tentang notasi balok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS). Hal ini berdasarkan hasil observasi selama KKN-PPL yang menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang notasi balok masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2013 sampai dengan 29 Mei 2013 di kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta dengan jumlah siswa 19 orang. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, untuk siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan untuk siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes pemahaman notasi balok dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang notasi balok kelas VIIIC SMP Negeri 1 Ngaglik. Peningkatan pemahaman siswa dalam notasi balok ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase tes tentang akhir siklus I sebesar 55,79% meningkat menjadi 87, 37% pada tes akhir siklus II. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pemahaman notasi balok pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Ngaglik meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kunci: TS-TS (Two Stay-Two Stray) dan Pemahaman Notasi Balok
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 03:11
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item View Item