PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Agusnanto, Agusnanto (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
agusnanto.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Oleh Agusnanto NIM.06518241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan model pembelajaran Problem Based Learningpada mata diklat Programmable Logic Controller (PLC) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimental design. Desain penelitian menggunakan pendekatan Pretest and posttest group design. Populasi penelitian mencangkup kelas X, XI dan XII program keahlian TITL SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel penelitian dipilih 1 kelas yaitu XI TITLSMK Mhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 25 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara purposive dengan pertimbangan, siswa kelas XI baru memulai pembelajaran pada mata diklat Programmable Logic Controller. Proses Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Pertemuan pertama siswa diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning, kemudian pada pertemuan kedua siswa diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang diggunakan untuk mengumpulkan data adalah test, yang terdiri dari pretest dan posttest. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Quantum Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning, data dianalisis menggunakan uji t-test pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siginifikansi pada hasil pengujian t-test model pembelajaran Quantum Learning menunjukan p-value (sig) 0,00<0,05. Demikian pula pada hasil uji t-testmodel pembelajaran Problem Based Learning hasil uji menunjukan p-value (sig) 0,00<0,05.didukung dengan perhitungan selisih mean kedua model pembelajaran. Berarti, baik model pembelajaran Quantum Learning maupun model pembelajaran Problem Based Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Programmable Logic Controller di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kata kunci: Quntum Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 28 May 2015 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item