UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA

Wardhani, Wahyu Dhian Mustika (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Dhian Mustika W 08208241033.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar membaca notasi balok siswa dalam pembelajaran seni musik melalui model Teams Games Tournament. Hal ini dikarenakan sebelum dilakukan penelitian, materi teori musik dasar kususnya membaca notasi balok merupakan pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa, sehingga mempengaruhi prestasi yang dicapai siswa yakni tergolong rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Banjarnegara yang mengikuti kelas seni budaya khususnya seni musik, yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data prestasi siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dan presentase ketuntasan nilai yang diukur berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di SMA N 1 Banjarnegara. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca notasi balok siswa kelas X-2, yakni sebelum penelitian diperoleh hasil rata-rata nilai sebesar 5.9 dengan nilai terendah 4.3 dan nilai tertinggi 8.5. Setelah diadakan tindakan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 7.3 dengan nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 8.6. Pada siklus ini, terdapat 12 siswa atau 35.3% yang belum mencapai KKM di SMA N 1 Banjarnegara. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 7.9 dengan nilai terendah 7 dan nilai tertinggi 9.25. Pada siklus ini terdapat 34 siswa atau 94.1% yang mencapai KKM di SMA 1 Banjarnegara dan siswa atau 5.9% yang belum mencapai KKM di SMA tersebut. Peningkatan nilai dari sebelum dilaksanakan tindakan ke siklus I adalah 1.4, dan peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II adalah 0.6. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Hal ini ditinjau dari peningkatan hasil rata-rata nilai sebelum tindakan ke siklus II adalah 2. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan membaca notasi balok siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Banjarnegara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Upaya peningkatan membaca notasi balok dan Model TGT
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19633

Actions (login required)

View Item View Item