HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TEORI MUSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR BERMAIN ANSAMBEL MUSIK PADA SISWA SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Taupik, Nur (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TEORI MUSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR BERMAIN ANSAMBEL MUSIK PADA SISWA SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Taupik 07208241017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan teori musik dengan prestasi bermain ansambel musik pada siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan kemampuan siswa dalam penguasaan teori musik dan praktik bermain ansambel musik tidak sama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN N 2 Yogyakarta dengan jumlah sampel 35 siswa yang diambil secara random. Penelitian terdiri atas dua variabel, yaitu prestasi bermain ansambel musik sebagai variabel terikat dan variabel bebasnya adalah penguasaan teori musik. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Yogyakarta pada bulan Mei 2013. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian menggunakan tes teori musik yang berupa pertanyaan dan tes praktek bermain ansambel musik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan teori musik dengan prestasi bermain ansambel musik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,675 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 tidak lebih besar dari 0,05 (0,000<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penguasan teori musik,, prestasi bermain ansambel musik, siswa
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19628

Actions (login required)

View Item View Item