STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP N 12 YOGYAKARTA

Zaelani, Khaerul (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP N 12 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khaerul Zaelani 10208244025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran seni musik yang diterapkan di SMP N 12 Yogyakarta. Kegiatan pembelajaran seni musik yang diteliti meliputi aspek tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, alat musik, langkah-langkah pembelajaran dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 12 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kualitatif yang melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Dan setelah itu data dianalisis dengan menggunakan Trinungulasi Teknik dan Tringulasi Sumber untuk menganalisis keabsahan data Hasil penelitian mengenai strategi pembelajaran seni musik di SMP N 12 Yogyakarta menunjukkan bahwa strategi pembelajaran seni musik yang diterapkan oleh guru seni musik di SMP Negeri 12 Yogyakarta, terdapat lima tahapan yaitu strategi penyiapan jalannya pembelajaran, strategi pengelolaan pada kelas, strategi penggunaan media, strategi pendekatan kasih sayang, dan strategi evaluasi dan pengambilan nilai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, pembelajaran, seni musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 22:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19616

Actions (login required)

View Item View Item