FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK PENGIRING BALIATN DI DESA SABAKA KECAMATAN MEMPAWAH HULU KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT

Harselina (2014) FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK PENGIRING BALIATN DI DESA SABAKA KECAMATAN MEMPAWAH HULU KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Harselina 08208249002.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah fungsi dan bentuk penyajian musik pengiring Baliatn di Desa Sabaka, Kecamatan mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan fungsi dan bentuk penyajian musik pengiring Baliatn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis kualitatif deskripsi, untuk mendiskripsikan fungsi dan bentuk penyajian musik pengiring pada Baliatn. Subjek penelitian ini adalah Pamaliatn (dukun), Panade (asisten dukun), pemain musik serta tokoh masyarakat di Desa Sabaka, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Objek penelitian ini mengenai fungsi dan bentuk penyajian musik pengiring Baliatn.Pengumpulan data dilakukan melalui, (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi berdasarkan, dokumentasi (foto, video, buku), observasi (Baliatn), dan wawancara (informan). Analisis data dilakukan dengan (1) Reduksi data, (2) Deskripsi data, (3) Pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh suatu kesimpulan sebagai berikut; fungsi musik pengiring dalam Baliatn sebagai a) Sarana komunikasi antara Pamaliatn, pemusik, pendengar, roh para leluhur, alam, serta jubata. b) Sarana respon fisik dengan gerak tarian dan hentakan kaki yang mengikuti tempo pada iringan musik yang dilakukan oleh seorang Pamaliatn pada proses pengobatan berlangsung, diyakini dapat membawa ketenangan pikiran bagi pasien dan kenyamanan fisik pada pasien yang diobati.c) Sarana hiburan artinya musik sebagai sarana hiburan bagi pendengarnya. Adapun bentuk penyajian Baliatn secara menyeluruh didukung oleh elemen-elemen pokok dalam pengaturan penampilan, yaitu meliputi tentang instrumen, seting pertunjukan, waktu, dan jumlah pemain dan instrumen musik yang digunakan dalam musik pengiring Baliatn tersebut yaitu : Ketubong/gendang, Dau/bonang, Agukng/gong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Bentuk Penyajian Baliatn
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 22:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19615

Actions (login required)

View Item View Item