PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ENCORE TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 1 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Purwati, Gita Ayu (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ENCORE TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 1 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gita Ayu Purwati 07208241012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran encore terhadap prestasi hasil belajar ansambel musik bagi peserta didik SMP Negeri 1 Gamping. Permasalahan yang mendasari penelitian adalah kurangnya minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ansambel musik sehingga dibutuhkan pemanfaatan media pembelajaran musik yang dapat menarik dan membantu meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ansambel musik sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan model eksperimen semu yaitu Rancangan Pretest, Posttest dengan Materi yang Setara. Rancangan penelitian menggunakan kelompok atau kelas yang sama untuk kelompok eksperimen dan kelompok pengendali yang meliputi dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sampel penelitian adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler ansambel musik sekolah di SMP Negeri 1 Gamping yang berjumlah 17 peserta. Teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji-t untuk penarikan keputusan dan kesimpulan terhadap uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan penggunaan media pembelajaran encore mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar ansambel musik sekolah di SMP Negeri 1 Gamping. Hal tersebut ditunjukkan oleh perbedaan rerata antara hasil belajar siklus I dengan siklus II. Perolehan rerata pretest prestasi hasil belajar siklus I sebesar 54.35 dan posttest sebesar 68.94 dengan prosentase peningkatan sebesar 26.84%. Pada siklus II rerata pretest prestasi hasil belajar sebesar 52.71 dan posttest 80.47 dengan prosentase peningkatan sebesar 50.63%. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 (0.00 < 0.05), maka hipotesis yang berbunyi "Pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama, media pembelajaran encore dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar ansambel musik sekolah bagi peserta didik didik" tidak ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: encore, prestasi, ansambel, smp
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 02:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19614

Actions (login required)

View Item View Item