SURVEI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA TINGKAT SMP NEGERI DI WILAYAH KECAMATAN WONOSARI

Kurniawan, Anton (2014) SURVEI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA TINGKAT SMP NEGERI DI WILAYAH KECAMATAN WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anton Kurniawan 06208244009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui pelajaran Seni Budaya di tingkat SMP Negeri se-Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Pendidikan karakter menjadi tema dalam penelitian ini karena peranannya dalam pendidikan sangat penting. Perkembangan kurikulum menjadikan pendidikan karakter dilakukan secara lebih sistematis. Maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui pelaksanaan hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang metodenya menggunakan metode survei. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup yang dibagikan kepada para responden yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Masing-masing sekolah diwakili oleh dua kelas VIII yang terdiri dari satu kelas VIII yang memiliki prestasi tertinggi dan satu kelas VIII yang memeiliki prestasi terendah. SMP N I Wonosari terdiri dari kelas VIII A dan E yang berjumlah total 48 responden, sedangkan SMP N 4 Wonosari terdiri dari kelas VIII A dan B yang berjumlah total 56 responden. Uji Validitas dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi rumus Product Moment dari Pearson dengan hasil 30 butir instrument yang valid. Sedangkan untuk mengetahui reliabilitasnya, data dianalisis menggunakan rumus koefisien alpha, kemudian hasilnya di bandingkan dengan tingkat keandalan koefisien korelasi. Berdasarkan analisis tersebut, instrument penelitian ini dinyatakan reliabel untuk digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh oleh responden sebesar 26,15385. Secara keseluruhan, nilai yang diperoleh siswa 87,18% mendekati skor maksimal.. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui pelajaran Seni Budaya di tingkat SMP Negeri se-Kecamatan Wonosari sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, seni budaya, smp
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 May 2015 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19606

Actions (login required)

View Item View Item