UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DENGAN MEDIA IRINGAN FRUITY LOOPS DI SMP N 1 PATEAN

Widodo, Wahyu (2014) UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DENGAN MEDIA IRINGAN FRUITY LOOPS DI SMP N 1 PATEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Widodo 10208241015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler ansambel dengan media iringan fruity loops. Penelitian dilakukan karena adanya temuan menurunnya minat siswa terhadap ekstrakurikuler ansambel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran ekstrakurikuler ansambel. Subjek penelitian adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ansambel berjumlah 22 siswa SMP N 1 Patean yang beralamat di jln. Mlatiharjo Patean, Kendal, Jawa Tengah. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus dan satu tindakan pra siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahap-tahap dalam prosedur penelitian tindakan ini yaitu : (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan harian, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler ansambel dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media iringan fruity loops dapat meningkatkan minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler ansambel di SMP N 1 Patean. Hal tersebut dapat diketahui dari meningkatnya antusiasme dan aktivitas siswa dalam pembelajaran ekstrakurikuler ansambel. Skor rata-rata minat siswa pada Pra-Siklus sebesar 61,50. Dari Pra-Siklus ke Siklus I terjadi peningkatan skor menjadi 67,50. Dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan skor lebih signifikan menjadi 84,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media iringan fruity loops dapat meningkatkan minat siswa pada ekstrakurikuler ansambel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat siswa, Ansambel, Media iringan Fruity loops
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 08:19
Last Modified: 27 May 2015 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item