PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA YANG AKTIF DAN YANG TIDAK AKTIF DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO

Arini, Nurul Risqa Dwi (2014) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA YANG AKTIF DAN YANG TIDAK AKTIF DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Risqa Dwi Arini 09208244012.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 2 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non eksperimental dengan teknik komparatif (membandingkan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni sebanyak 39 siswa, dan siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler seni sebanyak 103 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan tes praktik. Dalam penelitian ini, instrument tes tertulis diadakan uji validitas dan reliabilitas, Teknik analisis data menggunakan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 2 Purworejo. Adanya perbedaan yang signifikan ini dibuktikan bahwa siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni terbukti jauh lebih baik daripada siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 2 Purworejo. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji independent t test diperoleh thitung pada nilai tes tertulis sebesar 11,391 lebih besar dari t tabel sebesar 1,976; dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05; dan thitung pada nilai tes praktik sebesar 4,963 lebih besar dari t tabel sebesar 1,976 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05; dan (2) Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni mempunyai prestasi belajar seni budaya yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni. Hal ini dibuktikan dari prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni diperoleh mean nilai tes tertulis sebesar 8,24 dan mean nilai tes praktik sebesar 8,64; sedangkan prestasi belajar seni budaya siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni diperoleh mean nilai tes tertulis sebesar 6,74 dan mean nilai tes praktik sebesar 8,03.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Seni Budaya, Ekstrakurikuler
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 08:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19586

Actions (login required)

View Item View Item