PENGARUH REWARD TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR REKORDER SISWA SMP NEGERI 2 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014

Isfiarini, Baiq Tia (2014) PENGARUH REWARD TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR REKORDER SISWA SMP NEGERI 2 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Baiq Tia Isfiarini 10208244077.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward terhadap peningkatan prestasi belajar rekorder siswa SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2013/2014. Pemberian reward sebagai salah satu alat pendidikan yang berupa rangsangan atau stimulus yang diberikan kepada siswa dalam rangka memperkuat suatu respon yang dipandang baik, tepat sesuai dengan yang diharapkan, sehingga dapat memotivasi siswa untuk mengulanginya kembali yang pada akhirnya mampu menaikkan hasil prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VIIB SMP Negeri 2 Wates yang berjumlah 64 siswa, yang diambil dengan metode Simple Random Sampling. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest, posttest dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalis dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis mengunakan gain dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh reward terhadap peningkatan prestasi belajar rekorder siswa SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan hasil gain dan hasil uji T. Pada kelas kontrol terdapat 27 (84,38%) siswa yang indeks gain skornya rendah, 5 (15,63%) siswa yang indeks gain skornya sedang, dan tidak terdapat siswa dengan indeks gain skor tinggi. Pada kelas eksperimen terdapat 18 (56,25%) siswa memiliki indeks gain skor rendah, 11 (34,38%) siswa dengan indeks gain skor sedang, dan terdapat 3 (9,38%) siswa dengan indeks gain skor tinggi. Hasil uji T (uji beda) pada posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan t hitung sebesar 2,064 dan ttabel sebesar 1,999 yang memperlihatkan bahwa thitung lebih besar sama dengan ttabel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gain, posttes, prestasi belajar, pretes, rekorder, reward, uji t
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 08:00
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item View Item