UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERNYANYI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA IRINGAN FRUITY LOOPS DI SMP N 5 SLEMAN

Fahmi, Zuhriyal (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERNYANYI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA IRINGAN FRUITY LOOPS DI SMP N 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zuhriyal Fahmi 10208241019.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar bernyanyi melalui penggunaan media iringan fruity loops di SMP N 5 Sleman. Media yang digunakan adalah media audio berupa iringan lagu untuk mengiringi peserta didik dalam praktek bernyanyi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis & M.C. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas melibatkan 23 peserta didik dan guru sebagai kolaborator. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan bernyanyi. Untuk mengukur keterampilan bernyanyi pada peserta didik, peneliti melakukan tes yang berpedoman pada instrumen penelitian dimana instrumen tersebut sudah mendapatkan validasi dari validator. Hasil penelitian menunjukkan, peserta didik pada kelas yang diuji coba mengalami peningkatan dalam keterampilan bernyanyi. Peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus sebesar 60,00 ke siklus I sebesar 70,22 yaitu 10,22 atau 17,03 %. Peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus sebesar 60,00 ke siklus II sebesar 78,48 yaitu sebesar 18,48 atau 30,8 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media iringan, keterampilan dasar bernyanyi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 07:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item View Item