ANALISIS TEKNIK PERMAINAN GITAR PADA LAGU INVOCATION ET DANSE KARYA JOAQUIN RODRIGO

Wardana, Yudhi Wisnu (2014) ANALISIS TEKNIK PERMAINAN GITAR PADA LAGU INVOCATION ET DANSE KARYA JOAQUIN RODRIGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yudhi Wisnu Wardana 08208241021.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis teknik permainan gitar pada lagu Invocation et Danse. Penelitian ini difokuskan pada teknik permainan gitar yang terdapat pada lagu Invocation et Danse karya Joaquin Rodrigo. Fokus tersebut guna membatasi masalah yang sedang diteliti dan bermanfaat untuk mempermudah sistem pengkajian dalam penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara memainkan, mendengarkan, menganalisa score lagu Invocation et Danse. Dokumentasi didapat berupa score/partitur serta CD/video Alirio Diaz dan Birul Walidaini memainkan lagu Invocation et Danse. Wawancara dilakukan terhadap ahlinya sesuai dengan bidang ini, yaitu Rahmat Raharjo, S.Sn., Bakti Setyaji, S.Pd., dan Birul Walidaini. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan lagu Invocation et Danse karya Joaquin Rodrigo memiliki dua bagian, yaitu A-B-B’, serta terdapat beberapa teknik. Adapun teknik permainan gitar yang digunakan dalam lagu Invocation et Danse, meliputi: (1) speed/kecepatan, banyaknya nada-nada dengan nilai 1/16 dan 1/32 dengan tempo cepat, (2) teknik harmonic, digunakan untuk nada-nada yang lebih tinggi, bahkan satu oktaf dari nada yang ditekan oleh jari tangan kiri, (3) teknik tremolo, dilakukan tangan kanan dengan memetik not yang sama tiga kali dengan urutan jari (a,m,i) secara terus menerus bersamaan dengan ibu jari, (4) economic movement, terdapat beberapa posisi yang sulit untuk dimainkan dan tidak sesuai dengan karakter gitar, (5) power, agar suara yang dihasilkan lebih keras dan jelas, (6) tone colour, dilakukan dengan petikan apoyando atau petikan tirando. Untuk mengatasi bagian-bagian sulit dalam teknik permainan gitar Invocation et Danse karya Hoaquin Rodrigo dapat dilakukan dengan mencermati moti-motif di bagian tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gitar, invocation et danse
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 07:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19577

Actions (login required)

View Item View Item