STRATEGI PEMBELAJARAN ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 TANGERANG

Setiawan, Rahmadi (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 TANGERANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rahmadi Setiawan 09208244041.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru pada kegiatan ekstrakurikuler angklung di SMP Negeri 1 Tangerang yang meliputi penggunaan media, penggunaan pendekatan untuk memotivasi siswa, dan penggunaan strategi evaluasi. Dengan adanya ekstrakurikuler angklung di SMP Negeri 1 Tangerang diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran angklung menjadi lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler angklung, kepala sekolah SMP Negeri 1 Tangerang, dan siswa ekstrakurikuler angklung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan antar sumber data satu dengan yang lain sebagai bahan untuk analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Ada empat komponen yaitu: 1) teknik pengumpulan data 2) reduksi data 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru pada kegiatan ekstrakurikuler angklung SMP Negeri 1 Tangerang adalah: 1) Strategi pengelolaan yang didukung oleh empat hal yaitu: Penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan belajar, pengelolaan motivasional, dan kontrol belajar, 2) Strategi penggunaan media pembelajaran yang digunakan adalah meliputi dimensi teoretis dan praktis, 3) Strategi Pendekatan untuk memotivasi siswa menggunakan pendekatan personal dan kelompok, dan 4) Strategi evaluasi yang digunakan adalah dengan melakukan pementasan untuk melihat keterampilan siswa dalam memainkan angklung, serta sejauh mana kemampuan siswa dalam belajar, dan juga untuk mengukur kesuksesan guru dalam mengajar. Beberapa strategi tersebut dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran ektrakurikuler angklung agar lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, ekstrakurikuler angklung, SMP Negeri 1 Tangerang
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 07:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item