PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN

Hudha, Muhammad Bill (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Bill Hudha 10208241028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya prestasi belajar pada proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan prestasi belajar yang berbeda. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Piyungan pada mata pelajaran Seni Budaya. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing–masing siklus terdapat dua pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Seni Budaya ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Piyungan. Hal ini dilihat dari aspek kognitif yaitu terjadi peningkatan pengetahuan dilihat dari siswa mampu menjawab soal–soal yang diberikan oleh guru baik saat proses pembelajaran maupun pada saat tes kemampuan kognitif. Rata–rata peningkatan pada kemampuan ini sebesar 17,74% yang masuk pada kriteria baik. Pada aspek psikomotorik terjadi peningkatan pada siswa dilihat dari kesesuaian dengan teknik bermain yang benar, ekspresi yang ditunjukkan, dan kelancaran pada saat memainkan alat musik. Rata–rata peningkatan pada kemampuan ini sebesar 13,25% yang masuk pada kriteria sangat baik. Pada aspek afektif terjadi peningkatan pada siswa dilihat dari kerjasama yang baik pada saat berkelompok, berani mengungkapkan pendapat, dan diskusi kelompok yang berjalan secara kondusif. Rata–rata peningkatan pada kemampuan ini sebesar 22,83%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pelajaran Seni Budaya, Prestasi Belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 06:52
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item