STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK UNTUK PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 WATES

Ambriani, Mita (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK UNTUK PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mita Ambriani 09208244022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran untuk peningkatan prestasi belajar seni musik siswa di SMP Negeri 1 Wates. Dari penelitian tersebut didapatkan strategi pembelajaran seni musik yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan strategi pembelajaran seni musik untuk peningkatan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui 1) Wawancara; 2) Observasi; 3) Dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan antar sumber data satu dengan yang lain. Juga menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan dan mengecek kebenaran informasi data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa beberapa strategi pembelajaran seni musik untuk peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Wates yaitu, 1) Strategi persiapan pembelajaran; 2) Strategi pengelolaan pada masing-masing kelas; 3) Strategi penggunaan media pembelajaran; 4) Strategi pendekatan untuk memotivasi siswa; 5) Strategi evaluasi dan pengambilan nilai; 6) Strategi pengembangan pengalaman belajar seni musik siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, pembelajaran, prestasi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19563

Actions (login required)

View Item View Item