PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN INSTRUMEN GAMELAN JAWA UNTUK SISWA SMA

Hanggayuh P.P., Ganter (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN INSTRUMEN GAMELAN JAWA UNTUK SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ganter Hanggayuh PP 07208244009.pdf

Download (90MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pengenalan instrumen gamelan Jawa yang tervalidasi dalam membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran musik tradisional gamelan Jawa untuk siswa SMA; 2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif pengenalan instrumen gamelan jawa pada pembelajaran gamelan untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development atau R&D) yang mencakup 7 (tujuh) tahap kegiatan pengembangan, yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) Perencanaan Pengembangan (3) Desain produk awal (4) Preliminary Field Test (5) Revisi Uji Coba Tebatas (6) Main Field Test (7) Revisi Uji Coba Lapangan. Validasi terhadap produk dilakukan oleh 4 (empat) orang ahli di bidang multimedia, materi, dan pembelajaran. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 5 siswa kelas X SMA N I Muntilan. Subjek ujicoba lapangan dilakukan terhadap 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang terdiri atas angket untuk ahli materi, ahli multimedia, ahli pembelajaran dan 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran yang dikembangkan dan dihasilkan berbentuk multimedia interaktif pengenalan bunyi dan bentuk instrumen gamelan jawa yang berjudul “Gamelan Emulator” yang dikemas dalam CD; (2) Multimedia interaktif gamelan yang dikembangkan dapat memberikan kemudahan baik pada guru dalam menyampaikan materi maupun pada siswa dalam pemahaman musik tradisional gamelan jawa. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran musik tradisional gamelan untuk siswa SMA. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan melalui angket dan uji coba produk, diperoleh bahwa 80,22 % responden mengatakan bahwa aplikasi multimedia interaktif gamelan ini mampu mengatasi masalah dalam menangani keterbatasan sarana gamelan di sekolah SMA N I Muntilan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa produk multimedia interaktif pengenalan instrumen gamelan jawa yang berjudul “Gamelan Emulator” ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran musik tradisional gamelan jawa dan memberikan kemudahan pada siswa SMA dalam mempelajari gamelan jawa, sehingga siswa dapat memahami tentang gamelan jawa baik dari bunyi maupun bentuk instrumennya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, pengenalan instrumen, gamelan Jawa
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 06:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item