UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TUTOR SEBAYA DI SMP N 3 KALASAN

Wulandari, Carolina (2014) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TUTOR SEBAYA DI SMP N 3 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Carolina Wulandari 07208241020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar ekstrakurikuler ansambel musik dengan model cooperative learning tutor sebaya di SMP N 3 Kalasan 2013-2014. Permasalahan yang mendasari penelitian ialah kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ansambel musik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang mengikuti ekstrakurikuler ansambel musik, terdiri dari 16 siswa SMP N 3 Kalasan yang beralamatkan di Sidokerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket). Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa ekstrakurikuler ansambel musik di SMP N 3 Kalasan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan melihat skor sebelum penelitian tindakan sebesar 31,3% yang berada dalam kategori baik. Pada tindakan siklus I siswa yang berada dalam kategori baik meningkat menjadi 81,3%, sehingga perlu dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada siklus II seluruh siswa berada dalam kategori baik (100%). Berdasarkan kriteria keberhasilan apabila seluruh siswa berada dalam kategori baik, maka dapat dikatakan berhasil. Dari hasil pengamatan dan olah data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa cooperative learning tutor sebaya dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran ekstrakurikuler ansambel musik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, ekstrakurikuler ansambel musik, cooperative learning
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19534

Actions (login required)

View Item View Item