UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REKAM DI SMA NEGERI 1 TAYU, PATI, JAWA TENGAH

Wijanarko, Alan (2013) UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REKAM DI SMA NEGERI 1 TAYU, PATI, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alan Wijanarko 09208241013.pdf

Download (484MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang kurang efektifnya proses pembelajaran paduan suara di SMA negeri 1 Tayu dan rendahnya kemampuan siswa dalam membaca notasi musik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya peningkatan efektivitas pembelajaran paduan suara dengan menggunakan media rekam di SMA Negeri 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & MC Taggart yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek pada penelitian ini adalah kelompok ekstrakurikuler paduan suara siswa berjumlah 31 siswa. Penelitian dilaksanakan pada jam ekstrakurikuler paduan suara selama dua bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan perbandingan skor rata – rata tes praktik keterampilan paduan suara antara sebelum dan sesudah menerapkan media rekam dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan waktu untuk menguasai materi paduan suara dengan menggunakan media rekam lebih efektif daripada sebelum menggunakan media rekam. (2) Skor rata – rata yang didapatkan pada tes prasiklus 54,1; siklus I 64,05; siklus II 76,05; dan siklus III 86. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa prestasi paduan suara semakin meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media rekam efektif digunakan dalam pembelajaran paduan suara di SMA Negeri 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, paduan suara, media rekam
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 04:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19526

Actions (login required)

View Item View Item