UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BERMAIN RITMIS MELALUI METODE LATIHAN dan MEDIA AUDIO di SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL KOTA GEDE YOGYAKARTA

Nurulloh, Achmad (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BERMAIN RITMIS MELALUI METODE LATIHAN dan MEDIA AUDIO di SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL KOTA GEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Achmad Nurulloh 09208244057.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ritmis melalui metode latihan dan media audio.Metode latihan merupakan metode yang mengedepankan latihan dengan cara mengulang-ulang dari suatu hal yang sama, sedangkan media audio adalah alat yang menimbulkan sensasi pendengaran yang disebabkan oleh suatu getaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIB SDIT Luqman Al-Hakim, Kota Gede, Yogyakarta, yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran ritmis melalui metode latihan dan media audio. Instrumen penelitian ini berupa lembar evaluasi/tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dan media audio dalam proses pembelajaran ritmis di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Kota Gede dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IIIB SDIT Luqman Al-Hakim, Kota Gede, Yogyakarta dalam bermain ritmis. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata dari hasil evaluasi bermain ritmis. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah prasiklus 62,95, siklus I 74,54 dan siklus II 85,90. Dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dan media audio dalam pembelajaran ritmis dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ritmis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ritmis, latihan, audio
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 27 May 2015 04:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19523

Actions (login required)

View Item View Item