Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan 5M untuk Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Peserta Didik Kelas VII MTs

Mahmudah, Laely (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan 5M untuk Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Peserta Didik Kelas VII MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laely-mahmudah-13708259035.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan 5M untuk meningkatkan soft skills (motivasi, kerja sama) dan hard skills (pemahaman konsep) peserta didik kelas VII MTs dan (2) mengetahui keefektifan produk tersebut. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengadaptasi model Borg & Gall (1983). Prosedur meliputi sepuluh langkah yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi produk awal; (5) uji coba terbatas; (6) revisi; (7) uji coba lapangan; (8) revisi; (9) produk utama; (10) diseminasi terbatas. Penelitian bertempat di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan adalah uji Manova dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan 5M layak digunakan untuk meningkatkan soft skills (motivasi, kerja sama) dan hard skills (pemahaman konsep) peserta didik kelas VII MTs berdasarkan validasi ahli (expert judgment), guru IPA, teman sejawat dan respon peserta didik. (2) Perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan 5M efektif untuk meningkatkan soft skills dan hard skills peserta didik kelas VII MTs. Berdasarkan analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan terhadap soft skills dan hard skills peserta didik kelas VII MTs. Soft skills dan hard skills peserta didik meningkat setelah mengunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, 5M, soft skills, hard skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 May 2015 02:43
Last Modified: 09 May 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item