ANALISIS BENTUK LAGU DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM SEKAR RARE DI BALI

Permadi, Wilis (2014) ANALISIS BENTUK LAGU DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM SEKAR RARE DI BALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wilis Permadi 08208244018.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembahasan pada penelitian ini terfokus pada lagu tradisional Bali yang pada dasarnya mengandung berbagai aspek pendidikan, baik spiritual maupun moral yang tercermin dalam isi teks Sekar Rare. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk lagu dan nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam sekar Rare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bersifat analisa konten. Subjek peneltian ini adalah lagu sekar rare. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi (Stdui Pustaka), Wawancara, dan Dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang meliputi reduksi data, penyajian datadan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh suatu kesimpulan yaitu, bentuk lagu dari kelima Sekar Rare yang telah dianalisis tergolong kedalam bentuk lagu satu bagian, dan bersukat 4/4, dimana pada lagu Putri Cening Ayu A(ax), Jenggot Uban A (aa'), Meong-meong A (ax), Dadong dauh A (ax), dan Juru Pencar A (ax). Selanjutnya nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam kelima Sekar Rare meliputi 1) Kepatuhan; 2) Tanggung jawab; 3) Kepedulian; 4) Menjauhi sifat rakus dan tamak; 5) Kerja keras; 6) Tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sekar rare, pendidikan, moral, bentuk
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 May 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 22:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item