PERSEPSI GURU TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN MUSIK TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTIS DI YOGYAKARTA

Sutawi, Tyas Kartiko (2014) PERSEPSI GURU TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN MUSIK TERHADAP ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTIS DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tyas Kartiko Sutawi 10208241017.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Sekolah Luar Biasa tentang pengaruh pembelajaran musik terhadap anak autis di SLB khusus Autis di Yogyakarta, dengan menggunakan komponen pembelajaran musik sebagai indikator keberhasilan. Persepsi yang dimaksud adalah respon guru terhadap pembelajaran musik bagi anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru Sekolah Luar Biasa di Yogyakarta. Sekolah yang menjadi sampel adalah Sekolah Autisma Dian Amanah, Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha dan Sekolah Khusus Autis Fredofios, dengan jumlah responden sebanyak 32 orang. Instrumen pengambil data adalah angket terbuka dan tertutup yang telah dilakukan uji instrumen di sekolah berbeda. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil analisis data dikuatkan oleh hasil observasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh guru Sekolah Luar Biasa mempunyai persepsi positif tentang pengaruh pembelajaran musik terhadap anak autis, dibuktikan dengan persepsi guru terhadap masing-masing komponen pembelajaran musik yang ada dalam kategori Sangat Baik yaitu tujuan pembelajaran 72% dan guru 53%, dan Baik yaitu siswa 71,875%, teknis pembelajaran 59% dan evaluasi pembelajaran 56,25%. Persepsi positif juga ditunjukkan oleh skor total tiap responden yang lebih tinggi daripada Mean Teoritik yaitu 96. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan yang mempunyai skor tertinggi yaitu pembelajaran musik selalu menciptakan suasana yang menyenangkan (87,5%), musik dapat meningkatkan daya konsentrasi anak autis (81,2%), musik terbukti dapat memperbaiki motorik anak autis (78,2%), musik dapat mengurangi stress pada anak autis akibat tidak bisa berkomunikasi (78,2%), dan terapi musik sangat mempengaruhi perkembangan anak autis (78,1%). Persepsi guru yang positif tentang pengaruh pembelajaran musik terhadap anak autis menunjukkan bahwa pembelajaran musik mempunyai pengaruh yang positif terhadap anak autis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, guru Sekolah Luar Biasa, Autis, pembelajaran musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 May 2015 06:21
Last Modified: 29 Jan 2019 22:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item