PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK VOKAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANTUL

Nagara, M.M. Candra (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK VOKAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
M.M. Candra Nagara 10208244016.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan strategi inkuiri terhadap hasil pembelajaran praktik teknik vokal pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2014/2015. Teknik vokal merupakan materi yang terdapat dalam kurikulum 2013 dan harus dikuasai siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis quasiexperiment dengan desaian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Bantul yang berjumlah enam kelas. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII C dan VII D yang diambil dengan teknik random saampling. Instrumen penelitian ini meliputi instrumen pengambilan data tes praktik vokal. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar ranah psikomotoris atau ketrampilan. Instrumen pegambilan data telah diuji validitas dan reabilitas melalui program SPSS 20 for windows. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t-independent yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kelas yang mengikuti pembelajaran dengan strategi inkuiri dengan kelas yang tidak mengunakan strategi inkuiri. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 82,23 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol sebesar 77,21 serta selisih skor rata-rata dari kedua kelompok sebesar 5,02. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,061 > t tabel sebesar 1,700 dengan signifikansi 0,044 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dapat digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dalam ketrampilan teknik vokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran inkuiri, hasil belajar, teknik vokal
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 May 2015 05:14
Last Modified: 29 Jan 2019 22:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19440

Actions (login required)

View Item View Item