PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SMPN 2 WATES

Verani, Charisma Harum (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SMPN 2 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Charisma Harum Verani 10208244052.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Wates, (2) Ada tidaknya pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Wates, (3) Ada tidaknya pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya secara besama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Seni Musik di SMP di Negeri 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, korelasional, kausal komparatif dan termasuk penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates dengan jumlah 128 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 30 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Wates. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Seni Musik di SMP N 2 Wates yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 4,283 >1,660 dengan koefisien determinasi sebesar 0,127 yang artinya sebesar 12,7% variabel ini mempengaruhi prestasi belajar. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Seni Musik di SMP N 2 Wates yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 3,957 >1,660 dengan koefisien determinasi sebesar 0,111 yang artinya sebesar 11,1% variabel ini mempengaruhi prestasi belajar. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Seni Musik di SMP N 2 Wates yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: Fhitung 15,695 >3,070 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,201 yang artinya sebesar 20,1% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar. Persamaan garis regresi Y = 0,497X1 + 0,329X2 + 23,696.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, prestasi belajar, smp negeri 2 wates
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 May 2015 04:55
Last Modified: 29 Jan 2019 22:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19432

Actions (login required)

View Item View Item