Keefektifan Metode Brain-Based Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X di Madrasah Aliyah

Isro'i, Nurul Faqih (2015) Keefektifan Metode Brain-Based Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X di Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-nurul-faqih-isro'i.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode brain-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X di madrasah aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen. Populasi penelitian adalah 272 siswa kelas X MA di Kabupaten Bangka. Dari populasi yang ada dipilih 9 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebagai sampel dengan jumlah 162 siswa yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode brain-based learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket untuk motivasi belajar dan tes pilihan ganda untuk prestasi belajar. Analisis data diawali dengan analisis deskriptif, dan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan metode brain-based learning, data dianalisis dengan statistik uji t-test one sample pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat setelah diberikan pembelajaran matematika dengan metode brain-based learning. Rata-rata skor angket motivasi belajar awal yaitu 122,04 dan motivasi belajar akhir yaitu 168,98. Rata-rata skor tes prestasi belajar awal yaitu 45,16 dan rata-rata skor tes prestasi belajar akhir yaitu 75,36. Hasil uji one sample t-test yang diperoleh untuk variabel motivasi belajar yaitu 0,000 dan hasil belajar 0,000, nilai p-value ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode BBL efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: brain-based learning, pembelajaran matematika, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 May 2015 00:05
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item View Item