PENGARUH METODE TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHADAPI SITUASI DARURAT PADA MATA PELAJARAN K3LH DI SMK NEGERI 2 GODEAN

Afriliya Evi, Qur’anni (2015) PENGARUH METODE TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHADAPI SITUASI DARURAT PADA MATA PELAJARAN K3LH DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Afriliya Evi Qur'anni 09513241031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHADAPI SITUASI DARURAT PADA MATA PELAJARAN K3LH DI SMK NEGERI 2 GODEAN Oleh: Afriliya Evi Qur’anni NIM 09513241031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) minat belajar peserta didik kelas X Busana Butik dengan metode team quiz antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran K3LH di SMK Negeri 2 Godean, 2) pencapaian kompetensi peserta didik kelas X Busana Butik dengan metode team quiz antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran K3LH di SMK Negeri 2 Godean, 3) pengaruh penerapan metode team quiz terhadap minat belajar peserta didik kelas X Busana Butik SMK Negeri 2 Godean pada mata pelajaran K3LH, 4) pengaruh penerapan metode team quiz terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X Busana Butik SMK Negeri 2 Godean pada mata pelajaran K3LH. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, dengan desain two-group posttest only. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Busana Butik SMK Negeri 1 Godean yang berjumlah 64 orang dan ditentukan secara random. Data penelitian diambil dengan lembar pengamatan, angket dan soal tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar peserta didik kelas eksperimen memiliki rerata 74,75 dan termasuk dalam kategori minat belajar yang tinggi sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata 71,34 dan termasuk dalam kategori minat belajar yang rendah, 2) Pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen memiliki rerata 79,87 dan terdapat 91,625% peserta didik yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori baik sekali sedangkan kelas kontrol memiliki rerata 65,12 dan terdapat 18,75% peserta didik yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori kurang, 3) Terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap minat belajar peserta didik kelas X Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,308 > 2,03). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran, 4) Terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (7,183 > 2,03). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada perbedaan yang signifikan antara pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran. Kata kunci: Team Quiz, Minat Belajar, Pencapaian Kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19382

Actions (login required)

View Item View Item