PENGARUH MEDIA WORK PREPARATION SHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Muhtiadi, Muhtiadi (2011) PENGARUH MEDIA WORK PREPARATION SHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Document2.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-BABIV.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Work Preparation Sheet (WPS) terhadap prestasi belajar siswa dan mengetahui prestasi belajar siswa kelas X pada standar kompetensi menggunakan perkakas tangan program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain posttest only non equivalent control group desain, yang bertempat di SMK Negeri 2 Wonosari dalam waktu efektif tiga pertemuan mulai tanggal 09 Mei 2011 sampai 13 Juni 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonosari yang terdiri dari tiga kelas. Sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas yang masing-masing dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media WPS dan dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan media job sheet pada standar kompetensi menggunakan perkakas tangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil nilai hasil praktik menggunakan perkakas tangan. Sebelum dilakukan analisa data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Ternyata nilai kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Kemudian dianalisa menggunakan analisis data dengan uji-t dua sampel independen dengan signifikansi 0,05. Work Preparation Sheet berdampak positif terhadap hasil prestasi belajar siswa pada standar kompetensi menggunakan perkakas tangan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonosari. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 75,81. Berdasarkan penilaian dalam rapot nilai tersebut termasuk dalam kriteria lebih dari cukup dan prosentase siswa yang mendapatkan nilai kurang /remidial sebesar 9,67% dari 31 siswa. Kemudian nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,78 termasuk kriteria lebih dari cukup. Namun jumlah siswa yang mendapat nilai kurang/remidial lebih tinggi dari kelas eksperimen yakni sebesar 25% dari 32 siswa. Dengan menggunakan rumus uji-t, ternyata media WPS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan t hitung 2,21 > t tabel 1,980 pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Work Preparation Sheet, menggunakan perkakas tangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 May 2015 01:17
Last Modified: 04 Mar 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item