PENGEMBANGAN SIMULASI LINTASAN PAHAT 2 AXIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMPROGRAM CNC

Banu, Kristyanto (2015) PENGEMBANGAN SIMULASI LINTASAN PAHAT 2 AXIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMPROGRAM CNC. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 BANU.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II tgl 24 Okt 10.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
edit-Bab IV tgl 25 okt 10 (Autosaved).pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan (research and development) ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang tepat dengan software simulasi CNC lintasan pahat 2 axis dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan software simulasi CNC lintasan pahat 2 axis dalam mata pelajaran Pemrograman CNC di SMK. Penelitian ini terdapat 2 tahapan yaitu tahap pengembangan materi dan tahap pengembangan perangkat lunak. Instrumen penelitian yang dipakai adalah instrumen uji kelayakan untuk ahli materi pemograman CNC, instrumen uji kelayakan untuk ahli media pembelajaran, dan instrumen uji empirik terbatas untuk siswa. Serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan dokumen-dokumen dan menggunakan angket dengan responden yang dilibatkan. Data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner penilaian dianalisis dengan statistik deskriptif kemudian dikonversikan ke data kualitatif dengan skala. Konversi yang dikemukakan Sukardjo (2010: 100-101) menyatakan bahwa setiap pertanyaan di beri bobot 5 (sangat baik) skor > 4.08, 4 (baik) skor 3,36-4,08, 3 (cukup) skor 2,64-3,36, 2 (kurang baik) skor 1,92-2,64, dan 1 (sangat kurang baik) skor < 1,92. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan simulasi lintasan pahat 2 axis sebagai media pembelajaran memprogram CNC adalah layak digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dari penilaian ahli multimedia yaitu (1) aspek kemudahan program mendapatkan penilaian 4,5; (2) aspek komunikasi visual mendapatkan nilai 4,6; (3) aspek kemampuan menarik perhatian pengguna media mendapatkan nilai 4,16. Menurut ahli materi, materi media ini mempunyai kelayakan sangat baik, dengan rincian, yaitu (1) aspek kesesuaian dengan silabus mendapatkan penilaian 4,5; (2) aspek ketepatan isi dengan materi ajar mendapatkan penilaian 4,6; (3) aspek kemampuan menjelaskan konsep mendapat nilai 4,5; (4) aspek kemudahan pemograman CNC mendapat nilai 4,5. Dan hasil pengujian yang dilakukan oleh penguna ditinjau dari (1) aspek kemudahan program mendapatkan penilaian 4,15; (2) apek kemenarikan program media ini mendapatkan nilai 4,6; (3) aspek kualitas materi program mendapatkan nilai 4,06. KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 May 2015 00:57
Last Modified: 29 Jan 2019 22:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item