Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Formatif Berbasis Learning Trajectory Pada Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Kelas IV SD Kabupaten Ngawi

Surya, Anesa (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Formatif Berbasis Learning Trajectory Pada Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Kelas IV SD Kabupaten Ngawi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anesa-surya-13712251025.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan instrumen penilaian otentik formatif berbasis learning trajectory pada subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan yang layak bagi kelas IV SD Kabupaten Ngawi; 2) menghasilkan instrumen penilaian otentik formatif berbasis learning trajectory pada subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan yang efektif bagi kelas IV SD Kabupaten Ngawi. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) eksplorasi, (b) pengembangan draft/prototype, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) validasi akhir.. Subjek uji coba adalah SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kabupaten Ngawi. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari 17 peserta didik. Subjek uji kelompok besar terdiri dari 118 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, lembar penilaian produk instrumen penilaian otentik, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar, angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data untuk validitas item klasik secara empirik dianalisis menggunakan daya pembeda dan tingkat kesukaran sedangkan reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan indeks persetujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian ditinjau dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan menurut ahli materi dan ahli evaluasi berkategori “sangat baik”. Hasil analisis item untuk daya beda adalah tidak negatif dan tingkat kesukaran memenuhi kriteria dari mudah sampai sulit. Reliabilitas instrumen penilaian otentik berkategori “Reliabel” dengan indeks persetujuan ≥ 0,75.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instumen penilaian otentik, penilaian formatif, tematik-integratif, learning trajectory
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 May 2015 00:15
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item