PENGARUH INTENSITAS, MOTIVASI DAN MINAT PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO SKRIPSI Diajukan kepada FakultasTeknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh : RIFKA FAUZIA NIM 08520244024 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2013

Rifka, Fauzia (2015) PENGARUH INTENSITAS, MOTIVASI DAN MINAT PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO SKRIPSI Diajukan kepada FakultasTeknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh : RIFKA FAUZIA NIM 08520244024 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rifka Fauzia_08520244024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH INTENSITAS, MOTIVASI DAN MINAT PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO Oleh Rifka Fauzia NIM 08520244024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo; (2) pengaruh motivasi penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo; (3) pengaruh minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo; (4) pengaruh intensitas, motivasi dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMP Negeri 14 Purworejo yang berjumlah 570 siswa dengan sampel 230 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar belajar TIK sebesar 15.2%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar TIK sebesar 24.5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar TIK sebesar 22.2%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas, motivasi dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar TIK 43.3%. Kata kunci : Intensitas, Motivasi, Minat, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 25 May 2015 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item