EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI SMK N 2 GODEAN

Yuni Ratri, Prastiwi (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI SMK N 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
yuni ratri pratiwi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

”EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI SMK N 2 GODEAN” ABSTRAK Oleh : Yuni Ratri Prastiwi 06511241020 Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui efektivitas penerapan metode mind mapping dan ceramah pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental khususnya Kompetensi Dasar Mengolah Hidangan Pasta untuk meningkatkan kompetensi siswa. 2) Mengetahui perbedaan tingkat efektivitas penerapan metode mind mapping dibandingkan dengan metode ceramah dilihat dari kompetensi siswa pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi yang terdiri dari control group pre-test and post-test design. Variabel dalam penelitian ini ada variabel bebas yaitu penggunaan metode mind mapping dan variabel terikatnya yaitu kompetensi siswa. Populasi dalam kelas ini adalah 3 kelas XI Tata Boga, dari populasi 106 orang (3 kelas), diambil sampel secara random sebanyak 72 orang (2 kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes obyektif, lembar angket dan lembar observasi. Tes obyektif digunakan untuk mengetahui pemahaman belajar siswa, lembar angket digunakan untuk mengetahui sikap siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengamati ketrampilan siswa pada pelaksanaan pembelajaran Pengolahan Makanan Kontinental. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui efektivitas penerapan metode mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Efektivitas penerapan metode ceramah dan mind mapping pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental dengan hasil; rerata penilaian pembuatan mind map, yaitu 72.22 dan masuk dalam kategori cukup lengkap. Pada kelompok kontrol mempunyai skor rata-rata yaitu 25.50. Skor penerapan metode mind mapping pada kelas eksperimen mempunyai skor rata-rata 27.55. Skor rerata sikap afektif untuk kelas kontrol yaitu 76.13, sedangkan kelas eksperimen skor reratanya 78.75. Skor rerata psikomotorik kelas kontrol sebesar 67.40 dan untuk kelas eksperimen skor reratanya adalah 79.80. Dengan demikian penerapan metode mind mapping lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Pengolahan Makanan Kontinental daripada metode ceramah. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode ceramah dengan metode mind mapping pada kelas eksperimen dalam pembelajaran Pengolahan Makanan Kontinental dan ada peningkatan dalam penerapan metode mind mapping yang ditunjukkan dengan t hitung ≥ t tabel, yaitu 2.580 ≥ 1.669. Jadi penggunaan metode mind mapping lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Pengolahan Makanan Kontinental.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 22 May 2015 02:56
Last Modified: 29 Jan 2019 22:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item View Item