Kontribusi Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar PLC Siswa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan (Studi Kasus di SMK PIRI 1 Yogyakarta)

Purwadi, Wijaya (2015) Kontribusi Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar PLC Siswa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan (Studi Kasus di SMK PIRI 1 Yogyakarta). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
purwadi wijaya-06518244001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kontribusi Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar PLC Siswa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan (Studi Kasus di SMK PIRI 1 Yogyakarta) ABSTRAK . Penelitian Studi Kasus ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar, motivasi berprestasi dan kinerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar PLC siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta.. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data untuk variabel fasilitas belajar, motivasi berprestasi, dan kinerja guru menggunakan metode angket dengan skala Likert (1-5), sedangkan untuk variabel prestasi belajar dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif nonparametrik untuk menghitung harga median, dan modus sebagai pengukuran pusat datanya; analisis korelasi rank kendall dengan taraf signifikansi 5% untuk menguji hipotesis satu, dua, dan tiga; dan analisis koefisien konkordasi kendall dengan taraf signifikansi 5% untuk menguji hipotesis empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Antara fasilitas belajar dan prestasi belajar PLC terdapat hubungan yang positif dan signifikan, yang ditunjukkan dengan adanya korelasi rank kendall τ1y sebesar 0,455, angka bagian SIG. (2-TAILED) adalah 0,023 yang berarti < 0,05; (2) Antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar PLC terdapat hubungan yang positif dan signifikan, yang ditunjukkan dengan adanya korelasi rank kendall τ2y sebesar 0,576, angka bagian SIG. (2-TAILED) adalah 0,004 yang berarti < 0,05; (3) Antara kinerja guru pada prestasi belajar PLC terdapat hubungan yang positif dan signifikan, yang ditunjukkan dengan adanya korelasi rank kendall τ3y sebesar 0,556, angka bagian SIG. (2-TAILED) adalah 0,006 yang berarti < 0,05; (4) Antara fasilitas belajar, motivasi berprestasi, dan kinerja guru secara bersama-sama pada prestasi belajar PLC terdapat hubungan yang positif dan signifikan, yang ditunjukkan dengan adanya koefisien konkordasi kendall τ123y sebesar 0,632. Nilai Chi-Square sebesar 28,450 yang berarti > Chi tabel sebesar 7,81 pada df = 3. Kata kunci : fasilitas belajar, motivasi berprestasi, dan kinerja guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 May 2015 02:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19228

Actions (login required)

View Item View Item