Yardi, Nofa (2015) Efektivitas Penggunaan Metode Inquiry Berbantuan Media Robot KRPAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Yardi Nofa 10518241040 Thesis (S1).pdf Download (736kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran inquiry berbantuan media Robot KRPAI pada aspek kognitif, (2) efektivitas pembelajaran inquiry berbantuan media Robot KRPAI pada aspek afektif, (3) efektivitas pembelajaran inquiry berbantuan media Robot KRPAI pada aspek psikomotorik. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI pada Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK N 2 Pengasih berjumlah 64 siswa. Kelas XI TELIN1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TELIN2 sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1)pembelajaran berbasis inquiry berbantuan media Robot KRPAI lebih efektif pada aspek kognitif, kenaikan pretest ke posttest 16,47, kelas konvensional 6,54, (2)pembelajaran berbasis inquiry berbantuan media Robot KRPAI lebih efektif pada aspek afektif, rerata poin afektif kelas eksperimen 79,96, kelas kontrol 71,66; (3)pembelajaran berbasis inquiry berbantuan media Robot KRPAI lebih efektif pada aspek psikomotorik, rerata poin kelas eksperimen 77,21, kelas kontrol 70,99. Kata kunci: sensor dan aktuator, inquiry, robot KRPAI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Robotika Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Admin Prodi Teknik Mekatronika FT |
Date Deposited: | 21 May 2015 03:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19135 |
Actions (login required)
View Item |