Wanodya, Sihminarti (2015) PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INSTALL HOME THEATER PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS XII SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Wanodya S 10518244006 Thesis (S1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan nilai hasil belajar pada mata pelajaran install home theater siswa kelas XII program keahlian teknik audio video di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest, lembar observasi afektif serta lembar observasi psikomotorik. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Peningkatan hasil belajar dari Siklus ke-1 hingga Siklus ke-2 ditinjau dari: aspek kognitif 10,6%, aspek afektif 75,4%, dan aspek psikomotorik 40,67%. Dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan penerapan pembelajaran contextual pada mata pelajaran install home theater mengalami peningkatan hasil belajar. Kata kunci: contextual teaching and learning, install home theater, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Admin Prodi Teknik Mekatronika FT |
Date Deposited: | 21 May 2015 03:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19134 |
Actions (login required)
View Item |