EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN BESARAN LISTRIK MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X DI SMK N 2 WONOSARI

Yayang, Putra Nalagasta (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN BESARAN LISTRIK MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yayang Putra N 10518244017 Thesis (S1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yayang Putra Nalagasta - 10518244017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk: (1) gambaran pretest dan posttest hasil belajar kemampuan kognitif kelas dengan metode Project Based Learning (PBL) dan kelas dengan metode ceramah; (2) gambaran hasil belajar ranah afektif kelas dengan metode Project Based Learning (PBL) dan kelas dengan metode ceramah; (3) gambaran hasil belajar ranah psikomotorik kelas dengan metode Project Based Learning (PBL) dan kelas dengan metode ceramah; (4) gambaran gain hasil belajar ranah kognitif kelas dengan metode Project Based Learning (PBL) dan kelas dengan metode ceramah; (5) efektivitas metode Project Based Learning (PBL) dibandingkan metode ceramah untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Hasil penelitian : (1) hasil pretest kelas metode Project Based Learning (PBL) kategori sedang dengan rerata sebesar 6,58, hasil posttest kelas metode Project Based Learning (PBL) kategori baik dengan rerata sebesar 7.97, hasil pretest kelas metode ceramah kategori sedang dengan rerata sebesar 6,06, hasil posttest kelas metode ceramah kategori sedang dengan rerata sebesar 6,73; (2) hasil ranah afektif kelas metode Project Based Learning (PBL) kategori baik dengan rerata sebesar 8,03, hasil ranah afektif kelas metode ceramah kategori sedang dengan rerata sebesar 6,94; (3) hasil ranah psikomotorik metode Project Based Learning (PBL) kategori baik dengan rerata sebesar 7,58, hasil ranah psikomotorik kelas metode ceramah kategori sedang dengan rerata sebesar 7,03; (4) gain hasil belajar ranah kognitif siswa kelas eksperimen dalam kategori sedang dengan skor rerata gain sebesar 0,38, gain hasil belajar ranah kognitif siswa kelas kontrol dalam kategori rendah dengan skor rerata gain sebesar 0,04; (5) metode Project Based Learning (PBL) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ceramah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dibuktikan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,777 dengan signifikansi 0,0017 (< 0,05). Kata kunci : pembelajaran Project Based Learning (PBL), hasil belajar, efektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 21 May 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item