EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA

Nugrah, Aji Sasongko (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nugrah Aji Sasongko 10518244003 Thesis (S1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar antara siswa yang mengikuti problem posing dengan metode konvensional dari aspek kognitif, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti problem posing dengan metode konvensional dari aspek afektif, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti problem posing dengan metode konvensional dari aspek psikomotor. Hasil penelitian : (1) metode Problem Posing lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dari aspek kognitif. Rerata gain score dengan Problem Posing adalah 0,73 dan metode konvensional adalah 0,53, (2) metode Problem Posing lebih efektif karena memiliki rerata yang lebih tinggi dibanding hasil belajar metode konvensional dari aspek afektif. Kelas eksperimen memiliki rerata sebesar 71,09 dan kelas kontrol 64,65, (3) metode Problem Posing lebih efektif karena memiliki rerata yang lebih tinggi dibanding hasil belajar metode konvensional dari aspek psikomotor. Kelas eksperimen memiliki rerata sebesar 76,65 dan kelas kontrol 72,53. Kata kunci: afektif, kognitif, psikomotor, Problem Posing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 21 May 2015 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item View Item