PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMKN 3 YOGYAKARTA

Helna, Satriawati (2015) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HELNA 10518241039 Thesis (S1).pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan dan menguji kelayakan E-modul Interaktif sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas X di SMKN 3 Yogyakarta, dan; (2) mengetahui unjuk kerja E-modul interaktif sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas x di SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ResearchandDevelopment (R&D) dengan menggunakan dua model pengembangan yaitu pengembangan pembelajaran ASSURE dan pengembangan The Instructional Multimedia Development Model (IMM Development Model).Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert.Kelayakan E-modul interaktif ditinjau dari aspek materi mendapatkan kategori sangat layak (100%). Aspek media mendapatkan kategori layak (rincian: sangat layak 50% dan layak 50%). Proses pembelajaran termasuk kategori layak ( 76,92% ). Hasil penelitian yang kedua yaitu unjuk kerja E-modul interaktif ditinjau dari aspek tampilan teks, gambar, animasi, ilustrasi dan simulasi termasuk kategori (63,33%), pengoperasian mendapatkan kategori layak (63,33%), dan pewarnaan termasuk kategori layak (86,63%). Sehingga secara keseluruhan hasil penelitian termasuk kategori layak. Kata kunci: ASSURE, The IMM Development Model, Pengembangan E-modul interaktif, sumber belajar, elektronika dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 21 May 2015 02:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item