Agus Fajar, Ermunanto (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
cover.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
bab iv.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kompetensi siswa kelas X program keahlian Teknik KetenagalistrikanSMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersiklus. Jumlah pertemuan setiap siklus sebanyak tiga kali. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar kerja siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa, dan instrumen pretestposttest mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator pengamatan aktivitas siswa adalah 75% siswa dinyatakan lulus dan nilai rata-rata kelas memperoleh minimal 76. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapanmetode pembelajaran Discovery Learningdapat meningkatkan kemampuan aspek afektif siswa. Siklus I persentase siswa lulus sebesar 71,50%, meningkat pada Siklus II menjadi 86,67%,(2) penerapan metode pembelajaran Discovery Learningdapat meningkatkan kemampuanaspek kognitifsiswa. Persentase siswa lulus posttest Siklus I sebesar 50,00% dengan nilai rata-rata 75,33, setelah dilanjutkan Siklus II, aspek kognitif mengalami peningkatan. Pada posttest Siklus II persentase siswa lulus menjadi 80,00% dengan nilai rata-rata 80,83, (3) penerapanmetode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek psikomotoriksiswa. Persentasesiswa lulus Siklus I sebesar 33,33% dengannilai rata-rata sebesar 74,14meningkat pada Siklus II menjadi 100% dengan nilai rata-rata 85,83. Kata kunci: kompetensi,dasar dan pengukuran listrik,discovery learning, penelitian tindakan kelas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Pendidikan Teknik Elektro FT |
Date Deposited: | 20 May 2015 07:04 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19076 |
Actions (login required)
View Item |