ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENGGUNAKAN TEORI PENGUKURAN KLASIK PADA ULANGAN UMUM AKHIR SEMESTER GENAP BAHASA PRANCIS SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Novytasari, Yolanda Putri (2014) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENGGUNAKAN TEORI PENGUKURAN KLASIK PADA ULANGAN UMUM AKHIR SEMESTER GENAP BAHASA PRANCIS SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Yolanda Putri Novytasari 10204241030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal pilihan ganda pada Ulangan Akhir Semester Genap Bahasa Prancis SMA Negeri 9 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014, secara kualitatif dan kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif yang dilakukan dalam lingkup SMA kelas X dan XI, bertempat di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Subjek penelitian ini meliputi seluruh populasi, yakni seluruh butir soal pilihan ganda pada ulangan akhir semester genap bahasa Prancis SMA Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi, menggunakan lembar telaah butir soal pilihan ganda yang dimanfaatkan sebagai instrumen pengumpulan data untuk menelaah butir soal dilihat dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan jalan mencari validitas isi soal, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer Iteman, untuk mengetahui reliabilitas Alpha-Cronbach dan analisis butir soal yang mencakup Indeks Tingkat Kesukaran (ITK), Indeks Daya Beda (IDB), dan efektivitas distraktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) soal pilihan ganda kelas X dan XI memenuhi validitas isi; 2) indeks reliabilitas soal pilihan ganda kelas X tergolong sedang yakni sebesar 0,601, sedangkan indeks reliabilitas soal pilihan ganda kelas XI tergolong tinggi, yakni sebesar 0,795; 3) ITK soal pilihan ganda kelas X tergolong tidak baik, yakni hanya sejumlah 17 butir soal (42,5%) yang masuk dalam interval kriteria. ITK soal pilihan ganda kelas XI juga tergolong tidak baik, yakni sejumlah 12 butir soal (30%) yang masuk dalam interval kriteria; 4) IDB soal pilihan ganda kelas X tergolong kurang baik, yakni hanya 24 butir soal (60%) yang memiliki IDB layak. IDB soal pilihan ganda kelas XI tergolong kurang baik, yakni sejumlah 26 butir soal (65%) yang memiliki IDB layak; 5) efektivitas distraktor pada soal pilihan ganda kelas X tergolong tidak baik, karena butir soal yang seluruh distraktornya efektif adalah sebanyak 9 butir soal (22,5%), sedangkan efektivitas distraktor pada soal pilihan ganda kelas XI tergolong tidak baik, karena butir soal yang seluruh distraktornya efektif adalah sebanyak 4 butir soal (10%); 6) berdasarkan kelayakan butir soal dilihat dari ITK dan IDB-nya, kualitas soal pilihan ganda kelas X dan pada kelas XI tergolong tidak baik, karena keduanya hanya terdapat 12 butir soal (30%) yang dinyatakan layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: butir soal, teori pengukuran klasik, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 03:08
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

View Item View Item