EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN, KLATEN

Pertiwie, Santy Roosita (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN, KLATEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Santy Roosita Pertiwie 06204241008.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten antara yang diajar menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint dengan peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional, dan (2) Keefektifan penggunaan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint pada ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Prambanan, Klaten. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Adapun hasilnya kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen (32 siswa) yang diajar menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol (34 siswa) yang tidak menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint. Uji validitas menggunakan validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t dan gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas IX IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten antara kelompok yang diajar dengan menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint dan kelompok yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th: 4,109 > tt : 1,99) pada taraf signifikansi 5%, dan (2) Penggunaan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint lebih efektif untuk mengajarkan ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten dibandingkan dengan media konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan gain score sebesar 0,498 (kategori sedang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: microsoft office powerpoint, menulis, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 03:04
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18801

Actions (login required)

View Item View Item