ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI GURU-SISWA KELAS XI DAN KELAS XII DI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS

Hertanti, Rizki (2014) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI GURU-SISWA KELAS XI DAN KELAS XII DI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Rizki Hertanti 08204241016.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam komunikasi guru-siswa, yang terjadi di kelas XI dan Kelas XII SMA N 1 Prambanan Klaten dalam Mata Pelajaran Bahasa Prancis. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Prancis dan siswa kelas XI dan kelas XII SMA N1 Prambanan Klaten, sedangkan objek dari penelitian ini adalah seluruh kata, dan kalimat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, yang dilanjutkan dengan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap), teknik rekam, dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan referensial, teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) dengan menggunakan unsur PARLANT. Dalam komunikasi guru-siswa yang terjadi di SMA N1 Prambanan Klaten terjadi alih kode dan campur kode. Alih kode yang terjadi adalah alih kode intern dan alih kode ekstern. Alih kode intern yang terjadi merupakan alih kode dari bahasa Prancis familier ke bahasa Prancis standard, dan alih kode dari bahasa Prancis standard ke bahasa Prancis familier. Sedangkan alih kode ekstern terjadi dari bahasa Prancis ke bahasa Indonesia, dan dari bahasa Indonesia ke bahasa Prancis. Campur kode yang terjadi dikelompokan berdasarkan kategorisasi kata dan frasa. Campur kode yang berupa kata, berupa kata benda (nomina), kata kerja (verba), kata sifat (adjektiva), kata ganti (pronomina), kata bilangan (numeralia), kata keterangan (adverbia), dan kata depan (preposisi). Sedangkan yang berbentuk frasa, terdiri dari frasa nomina, frasa verba, frasa adjektiva, frasa numeralia, dan frasa preposisional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: alih kode, campur kode, sma n 1 prambanan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 03:00
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18798

Actions (login required)

View Item View Item