KURIKULUM ALTERNATIF KURSUS INTENSIF BAHASA PRANCIS DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMENHAM RI

January, Rizka (2014) KURIKULUM ALTERNATIF KURSUS INTENSIF BAHASA PRANCIS DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMENHAM RI. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Rizka January 07204241022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat kurikulum alternatif pada kursus intensif bahasa Prancis di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI dengan (1) mengubah pembagian jam pelajaran yang sesuai dengan dengan CECR, (2) menambah materi-materi baru yang sesuai indikator keberhasilan pada kurikulum bahasa Prancis Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI. Subjek penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan kurikulum. Objek dari penelitian ini adalah pembagian jam pelajaran dan materi-materi dalam kurikulum bahasa Prancis di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pada proses analisis dokumen dilakukan dengan analisis konten yaitu mengkaji, mendeskripsikan, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan data yang diperoleh secara objektif. Ditemukan ketidaksesuaian yang mengacu pada indikator keberhasilan dalam hal pembagian jam, materi dan evaluasi. Dari ketidaksesuaian tersebut, dibuatlah kurikulum alternatif dengan mengubah pembagian jam, menambah materi. Kurikulum alternatif ini disarankan dapat melengkapi kekurangan yang ada pada kurikulum kursus intensif bahasa Prancis di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI. Penelitian ini menghasilkan Kurikulum alternatif, yang disusun berdasarkan perbandingan kurikulum di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI dengan CECR. Hasilnya, kurikulum di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI yang memiliki 743 jam pelajaran untuk tingkat A2, dalam kurikulum alternatif jumlah jam tersebut dioptimalkan dengan menambah materi kemampuan bahasa Prancis menjadi tingkat B1. Terkait dengan materi,yang semula hanya menggunakan buku Écho 1 sebagai materi bahasa Prancis, dalam kurikulum alternatif ini ditambahkan materi tentang kebudayaan, terjemahan, kosakata dan terminologi kemiliteran. Materi-materi tersebut perlu diberikan untuk mendukung indikator keberhasilan. Kurikulum alternatif ini diharapkan dapat mendukung ketercapaian indikator keberhasilan dalam kurikulum kursus intensif bahasa Prancis di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kurikulum alternatif, pusdiklat bahasa badiklat
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 02:56
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item View Item