EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMN 1 MERTOYUDAN

Yuda, Ratna Sukma (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMN 1 MERTOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Ratna Sukma Yuda 07204244023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi keterampilan membaca bahasa prancis siswa yang diajar dengan menggunakan metode TGT dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode diskusi (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode TGT dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan secara spesifik penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretes posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siwa kelas XI SMN1 Mertoyudan Magelang. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi, validitas konstruk dan validitas butir soal. Sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan nilai t-hitung sebesar 5,250 lebih besar dari t-tabel dengan db = 62 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan metode TGT dengan siswa yang diajar dengan tanpa metode TGT. Peningkatan skor pada kelas eksperimen sebesar 0,338 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,112. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TGT lebih efektif daripada metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teams games tournament (TGT), membaca, smn 1 mertoyudan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 02:49
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item