EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XII IPA SMA N 1 DEPOK SLEMAN

Patria, Randy Ardianda (2013) EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XII IPA SMA N 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Randy Ardianda Patria 06204241036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis yang signifikan antara siswa kelas XII IPA SMA N 1 Depok yang diajar dengan menggunakan media gambar dan siswa yang diajar dengan media konvensional (2) efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis pada siswa kelas XII IPA SMA N 1 Depok . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen, dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA di SMA N 1 Depok. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 1 yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XII IPA 4 yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Reliabilitas instrument diujikan di kelas XII IPA 2 dengan jumlah 26 siswa. Reliabilitas tes menggunakan Alpha Cronbach dan validitas yang digunakan adalah validitas isi. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil uji-t terhadap skor post-test menunjukkan bahwa nilai thitung > yaitu 7.053 > ttabel 2,021dengan db=40 pada taraf signifikansi 5%, hasil perhitungan tersebut berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas XII IPA SMA N 1 Depok yang diajar dengan menggunakan media gambar dan yang diajar tanpa menggunakan media gambar. Selain itu juga dapat diketahui mean post-test kelas eksperimen yaitu sebesar 7,83 lebih tinggi dibandingkan dengan mean kelas kontrol yaitu sebesar 6,76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan Menulis bahasa Prancis siswa kelas XII IPA SMA N 1 Depok daripada tanpa penerapan media gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media gambar, menulis, sma n 1 depok
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 02:46
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18790

Actions (login required)

View Item View Item