PENGEMBANGAN KOMIK BAHASA PRANCIS BERLATAR INDONESIA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS XI SMAN 3 PURWOREJO

Sari, Putri Anggita (2014) PENGEMBANGAN KOMIK BAHASA PRANCIS BERLATAR INDONESIA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS XI SMAN 3 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Putri Anggita Sari 09204241021.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan karateristik komik yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA yang dapat mendukung pembelajaran membaca bahasa Prancis kelas XI di SMAN 3 Purworejo, (2) mendeskripsikan kualitas komik bahasa Prancis berlatar Indonesia yang dihasilkan ditinjau dari aspek materi, kebahasaan dan tampilan berdasarkan penilaian ahli dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian Research and Developpement (RnD). Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam enam tahap: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi pembelajaran, (4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, (5) penulisan naskah atau materi, (6) mengadakan tes dan revisi terhadap produk yang dikembangkan. Uji coba produk meliputi aspek materi, kebahasaan dan tampilan oleh uji coba, ahli materi ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMAN 3 Purworejo, uji coba kelompok kecil dilakukan pada kelas XI IPS 3(8 siswa), uji coba lapangan dilakukan pada kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 (58 siswa). Data diperoleh melalui angket, analisa data menggunakan teknik analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan produk media pembelajaran untuk ketrampilan membaca bahasa Prancis memiliki tingkat kelayakan baik. Rata-rata tingkat kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi oleh bapak Herman, M. Pd dosen bahasa Prancis dengan rerata skor 4,37 atau kategori sangat baik ; validasi ahli media oleh bapak Ismadi, MA dosen seni rupa dengan rerata skor 3,84 atau kategori baik ; uji coba kelompok kecil dengan rerata skor 4,14 atau kategori sangat baik ; uji coba lapangan dengan rerata skor 4,25 atau kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media komik berlatar Indonesia layak digunakan pembelajaran ketrampilan membaca bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komik, membaca, sman 3 purworejo
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 02:38
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item