KEEFEKTIFAN TEKNIK HERRINGBONE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Faizah, Nanik (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK HERRINGBONE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Nanik Faizah 10204244031.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan prestasi dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Prancis peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik Herringbone dan yang tidak diajar dengan menggunakan teknik Herringbone (2) mengetahui apakah penggunaan teknik Herringbone pada keterampilan membaca bahasa Prancis lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran teknik konvensional siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dengan jumlah 251 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dengan expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji MannWhitney atau uji-z dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai zhitung > ztabel yaitu 2,690 > 1,96 dengan db = 59 pada taraf signifikansi 5%, hasil penghitungan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan membaca Bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang diajar dengan teknik Herringbone dan yang diajar tanpa teknik Herringbone. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (2) teknik Herringbone efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan skor dari pre-test ke post-test. Kelas eksperimen yang diajar dengan teknik Herringbone mengalami peningkatan sebesar 3,58 sedangkan kelas kontrol yang diajar tanpa teknik Herringbone mengalami peningkatan sebesar 2,9. Selain itu, hasil gain score kelas eksperimen <g> sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: herringbone, membaca, sma n 1 prambanan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 19 May 2015 02:34
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item View Item