PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: IMPLEMENTASI PROGRAM AUDIT SOSIAL DI LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

FARIZ, AFIFAH (2013) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: IMPLEMENTASI PROGRAM AUDIT SOSIAL DI LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran secara jelasmengenai cara serta levelpartisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik. Cara atau proses peningkatan level partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik dilakukan melalui sebuah program yang diinisiasi oleh LOD DIYyaitu program Audit Sosial. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat sebagai auditor sosial, LOD DIY dan beberapa upaya advokasimandiri yang pernah menjadi dampak positif partisipasi masyarakat dariimplementasi program audit sosial. Objek penelitian ini berupa respon masyarakat,cara dan mekanisme serta dampak peningkatan partisipasi masyarakat melalui implementasi program audit sosial. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Metode yangdigunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis interaktif Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik berperan penting dan cukup efektif dalam terselenggaranya pelayanan publik yang berkualitas serta jauh dari tindakan maladministrasi. Adanyapartisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik, mengharuskan pemerintah melakukan perbaikan pelayanan publik dari waktu ke waktu. Partisipasimasyarakat diwujudkan dalam keaktifan masyarakat seperti menyampaikan laporan melalui SMS, datang langsung ke kantor LOD serta melalui program audit sosial.Adanya program audit sosial terjalin kemitraan antara LOD DIY dan masyarakatdalam melakukan pengawasan pelayanan publik. Selain itu, partisipasi masyarakatmengalami kenaikan level atau tingkat partisipasi yang awalnya bersifat apatis (nonparticipation) menjadi level kemitraan (partnership). Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Program Audit Sosial, LOD DIY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item View Item