KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III

Farisma, Santi Dewi (2014) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Santi Dewi Farisma 08201244083.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dan kelompok yang diberi pembelajaran menulis karangan argumentasi tanpa menggunakan metode berbasis pengalaman (experiential learning), dan (2) keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Contol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XD sebagai kelas eksperimen dan kelas XF sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa esai menulis karangan argumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis karangan argumentasi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th = 6,752 > tt = 1,900) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 58. Metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t sampel berhubungan yang menunjukkan skor thitung sebesar 8,159 dengan db 29.Skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 29 adalah 2,045. Hal itu menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th = 8,159 > tt = 2,045).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: experiential learning, menulis karangan, man
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:40
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18645

Actions (login required)

View Item View Item